10 January 2018

[Resensi] Perfect Timing

[Resensi] Perfect Timing

Poppy Dunbar sedang merayakan malam pesta bujangnya ketika ia bertemu Tom Kennedy. Dengan matanya yang hitam dan senyum menawan, Tom bisa memikat gadis mana pun. Tetapi, sebenarnya yang membuat Poppy tertarik padanya adalah perasaan bahwa ia telah mengenal pria itu sepanjang hidupnya. Ia tidak bisa memenuhi janji untuk menemui Tom lagi, tetapi ia juga tidak bisa melanjutkan rencana pernikahannya.

Mendadak terkenal sebagai “Gadis Yang Mencampakkan Rob McBride”, Poppy memutuskan pindah ke London. Ia tinggal di rumah bergaya bohemian milik Caspar French, seniman muda yang sangat tampan dan terkenal dengan reputasinya sebagai pria yang suka membuat wanita patah hati. Tetapi bahkan dengan suasana tempat tinggal barunya yang ceria, Poppy tidak bisa menghapus Tom dari pikirannya. Poppy tidak pernah tahu apakah pertemuan mereka adalah takdir, atau apakah masa depan menyimpan sesuatu yang sama sekali berbeda untuk dirinya.

resensi novel perfect timing, resensi perfect timing, novel perfect timing, novel jill mansell, jill mansell perfect timing

Penulis: Jill Mansell

Alih Bahasa: Trisna Budiyati

Editor: Yuniasari Shinta Dewi

Penerbit: PT Elex Media Komputindo

ISBN: 978-602-02-0424-6

Kategori: Dewasa

Pada malam pesta lepas lajangnya, Poppy terlihat sangat bodoh dengan topi berhiaskan tiga kondom yang meggelembung dan plat-L yang menggantung di lehernya. Tapi ini adalah tradisi, dan dia tidak mau merusaknya. Merasa sesak di dalam klub yang ramai, Poppy memilih keluar untuk menghirup udara segar.

Ketika menuju taman di luar klub, seseorang menyentuh kondom di topinya dengan rokok yang menyala, dan menimbulkan suara letusan ketika kondom itu pecah. Poppy kaget dan terjatuh hingga anak tangga yang paling bawah. Ibu jari kaki kirinya terasa sakit.

Seorang lelaki menolongnya, memeriksa kakinya dan menuntunnya menuju bangku di taman. Tom, nama lelaki itu, mengaku sebagai seorang dokter. Dia memastikan kaki Poppy tidak patah dan ibu jari kakinya hanya perlu dikompres.

Poppy merasakan sesuatu yang berbeda ketika berada di dekat lelaki ini. Tidak mungkin ini cinta, karena dia akan menikah dengan Rob besok. Dan sepertinya Tom pun merasakan hal yang sama. Tom meminta Poppy untuk datang ke Delgado’s kafe. Dia akan berada di sana dan menunggu Poppy sampai jam 3. Bila Poppy tidak datang, anggap saja mereka tidak pernah bertemu dan lupakan semua kejadian tadi.

Setelah mengantar teman-temannya pulang, Poppy menyuruh sopir taksi menuju Delgado’s kafe. Dari dalam taksi dia bisa melihat Tom duduk di dekat jendela, menunggu dirinya. Tapi Poppy tidak bisa melakukannya dan akhirnya menyuruh sopir taksi untuk megantarnya pulang.

Poppy menemui Rob keesokan pagi sebelum acara pernikahan mereka, dan mengatakan kalau dia ingin membatalkan pernikahan mereka. Awalnya Rob hanya menganggap Poppy sedang gelisah menghadapi pernikahannya, tapi Poppy terus berusaha meyakinnya bahwa dia tidak main-main. Rob bertanya tentang alasan Poppy ingin membatalkan pernikahan, dan Poppy menceritakan yang sebenarnya. Rob dan keluarga besarnya kesal dan marah kepada Poppy. Kemarahan tersebut membuat mereka membocorkan bahwa Mervyn bukanlah ayah kandungnya. Ibunya pernah berselingkuh dengan pemain piano bernama Alex Fitzpatrick. Ketika Aex kembali ke London, ibunya menyadari bahwa dirinya hamil.

Setelah membatalkan pernikahannya, dan sering menerima ancaman dari orang-orang yang mengenal Rob, Poppy memutuskan untuk pindah ke London. Alasan dia memilih London adalah karena dia suka kota itu, ayah kandungnya pernah tinggal di London, dan tentu saja karena Tom tinggal di London.

Claudia selalu dibilang sangat beruntung. Memiliki rambut yang indah dan tubuh yang tinggi semampai. Terlahir dari ibu yang sangat cantik dan ayah yang tidak hanya menarik tapi juga terkenal. Orang-orang tambah kagum ketika tahu bahwa dia menyewa kamar di rumah Caspar Frech, bukan tinggal bersama ibunya.

Yang orang-orang tidak tahu adalah alasan dia keluar dari rumah ibunya, karena dia tidak tahan melihat ibunya yang suka menggoda laki-laki. Hal ini juga yang membuat ibunya bercerai dengan ayahnya.

Caspar French berasal dari keluarga miskin. Tapi orang tuanya selalu mendukung keahliannya melukis. Ketika Henrietta merasa kesepian setelah kematian suaminya, dia memutuskan untuk menyewakan kamar-kamar di rumah besarnya kepada para mahasiswa. Caspar langsung tertarik pada kamar di loteng yang besar.

Banyak mahasiswa yang datang dan pergi di rumah itu, tapi Caspar selalu betah di sana dan Henrietta selalu suka dengan Caspar. Ketika Henrietta meninggal, dia mewariskan rumah besarnya kepada Caspar, dan Caspar tetap menyewakan kamar-kamar di rumah itu walau sebenarnya uang hasil melukisnya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Nasib mempertemukan Poppy dengan Claudia dan Caspar, dan Poppy diberi kesempatan untuk tinggal di rumah besar Caspar. Perbedaan-perbedaan diantara mereka membuat mereka menjadi dekat dan bersahabat. Dengan masalah-masalah yang mereka hadapi dan selesaikan bersama. Apakah kehidupan Poppy di London lebih baik dari kehidupan sebelumnya? Apakah dia bisa menemukan ayah kandungnya? Atau mungkinkah dia bisa bertemu kembali dengan Tom?

Novel romantis ini bercerita tentang kehidupan Poppy yang mencari cinta sejatinya, dengan drama yang menghiasi kehidupannya sehari-hari bersama Claudia dan Caspar. Cerita sederhana yang mungkin bisa dialami oleh siapa saja.

Sebenarnya Claudia tertarik dengan Caspar, tapi Caspar tidak pernah menganggap serius bahkan malah tertarik dengan Poppy. Namun Poppy tidak pernah bisa melupakan Tom. Cerita yang umum terjadi pada persahabatan antara pria dan wanita.

Ini novel Jill Mansell yang pertama aku baca. Jill menggambarkan masing-masing tokoh dengan jelas, dan pembaca bisa membayangkan seperti apa sih tokoh-tokohnya ini. Bisa memahami karakter masing-masing tokoh dengan baik.

Baca novel ini jadi teringat kehidupan waktu masih tinggal di kost. Bermacam-macam karakter dalam satu tempat tinggal. Bedanya dulu kalau kost isinya semua perempuan, kalau ini kan campur ya. 


Cerita yang simpel tapi sudah menarik dari awal, membuat pengen terus membaca sampai akhir. Selalu penasaran setiap berganti bab. Dan novel romantis pasti selalu berakhir happy ya, begitu juga novel ini. Novel ini khusus dewasa ya.

Happy reading ^^

post signature 

No comments:

Post a Comment

enjoy your reading and don't forget to leave comment here